Kondisi Umum Sendang Biru, Malang

Kondisi Umum sendang biru, malang

kondisi umum sendang, biru
Kondisi umum sedang biru, malang
Salah satu wilayah yang memiliki sumber daya perikanan yang besar di Jawa Timur adalah perairan Sendang Biru, Malang Selatan. Sendang Biru terletak di kawasan perairan pesisir selatan Jawa Timur yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia merupakan salah satu wilayah dengan potensi kelautannya yang sangatbesar, baik ditinjau dari segi keberlimpahan biotanya maupun cakupan sebaran wilayahnya. Hal tersebut tidak bisa dilepaskan dari kesuburan perairannya.


Secara administrasi perairan Sendang Biru berada diwilayah Desa Tambak Rejo, Kecamatan Sumber Manjing Wetan, Kabupaten Malang. Sedangkan letak  geografisnya adalah 08o37` - 08o41` LS dan 112o35` - 112o43` BT dengan ketinggian 0 – 100 m di atas permukaan laut. 
Secara administrasi perairan Sendang Biru berada diwilayah DesaTambakRejo, Kecamatan Sumber Manjing Wetan, Kabupaten Malang. Sedangkan letak geografisnya adalah 08o37` - 08o41` LS dan 112o35` - 112o43` BT dengan ketinggian 0 – 100 m di atas permukaan laut.  Batas administrasi perairan Sendang Biru adalah sebagai berikut :
  • Sebelah Barat : berbatasan dengan DesaSitiarjo
  • Sebelah Utara : berbatasan dengan Desa Kedung Banteng
  • Sebelah Timur : berbatasan dengan DesaTambak Asri
  • Sebelah Selatan : berbatasan dengan Samudera Indonesia.      
Sendang Biru merupakan daerah pantai Selatan yang tidak terdapat landasan benua tetapi curam dan berkarang, dengan demikian gelombang yang terjadi adalah mulai dari gelombang sedang sampai gelombang besar serta terjadi dua kali pasang surut dengan arus pasang yang kuat. Sedangkan dasar perairan pantai berupa pasir, lumpur dan karang dengan kedalaman 100 m. 

Secara umum wilayah daratan Sendang Biru memiliki topografi berbukit-bukit dengan medan berlereng sedang hingga curam pada ketinggian 50-250 meter dari permukaan air laut. Kemiringan lereng di kawasan studi cukup bervariasi yaitu datar (<3%), agak landai (3-8%), agak curam (25-40%) dan sangat curam (>40%). Bagian pantai Sendang Biru sebagian merupakan batuan kapur dan karang serta berdinding terjal, bagian lain merupakan pantai yang agak landai dengan panjang relatif pendek (50-100m) terdapat di bagian Timur dan Barat. 

Di Sendang Biru terdapat dua macam jenis tanah yaitu Aluvial Kelabu yang subur dan komplek Litosol, Mediterania dan Renzina yang mengandung kapur. Secara umum tanah di Sendang Biru merupakan lapisan kapur yang mudah tererosi dan tidak subur.

Potensi pesisir Sendang Biru yang paling menonjol adalah potensi perikanannya, khususnya jenis tuna dan cakalang.  hasil tangkapan tuna dan cakalang didaratkan di TPI Pondok Dadap oleh nelayan setempat maupun nelayan dari luar daerah dan dipasarkan sampai ke luar propinsi Jawa Timur. 

close
Kondisi Umum Sendang Biru, Malang Rating: 4.5 Diposkan Oleh: zavirraa khan

0 komentar:

Post a Comment