DIKLAT APRESIASI KEHUMASAN


( Bandung, 28/05/2016) Hubungan masyarakat ( HUMAS ) merupakan fungsi manajemen yang membangun dan mempertahankan hubungan yang baik antara organisasi dengan organisasi lainnya maupun organisasi dengan public. Salah satu tanggung jawab humas pemerintah yaitu memberikan informasi, motivasi, menjalankan komunikasi yang efektif serta membuat citra yang positif bagi organisasi pemerintah atau instansi.
Begitu pentingnya peranan Humas maka Direktorat jendral perikanan tangkap melalui bagian hokum, Organisasi dan Humas mengundang seluruh UPT Perikanan Tangkap termasuk BBPI Semarang untuk mengikuti kegiatan apresiasi kehumasan yang di laksanakan di Hotel Tjokro, Chiampelas 211- 217, Bandung. Kegiatan berlangsung selama 3 hari dari tanggal 25 s/d 27 Mei 2016. Peserta yang dari BBPI Semarang diwakili oleh Zahruddin dan heni. Adapun tema yang diusung pada apresiasi ini adalah Strategi humas pemerintah dalam mendukung keberlanjutan usaha perikanan tangkap di era digital.
Tema ini sesuai dengan kondisi yang ada di masyarakat dimana masyarakat tengah menghadapi persoalan yang mendasar seperti kebijaka kebijakan kementrian kelautan dan perikanan  yang mengakibatkan banyak nelayan yang belum mengerti dan mengetahui tentang persoalan seperti Berbagai pelarangan alat tangkap dan pelarangan penangkapan berbagai komoditas perikanan yang dilindungi. Disinilah peranan humas akan diperlukan. Maka dari itu sumber daya manusia kehumasan harus semakin bertambah wawasan dan pengetahuan agar dapat tampil maksimal dan semakin propesional.
Materi yang disampaikan dalam kegiatan apresiasi kehumasan ini diantaranya ;
-          Aspek pengembangan wawasan.Modul pembelajaran Program dan kebijakan DJPT dalam pengelolaan informasi public di era digital.
-          Aspek pengetahuan tentang kehumasan. Modul pembelajaran Teknik Strategi humas pemerintah dalam menghadapi informasi di era digital
-          Aspek teknologi. Modul pembelajaran optimalisasi media digital dalam penyebaran informasi dan teknik menulis di media sosial ( Sosmed )
-          Aspek Fotografi. Modul pembelajaran teknik menghadirkan foto berkualitas.
Sedangkan metode yang digunakan dalam pelatihan adalah pemaparan makalah, presentasi dan diskusi. Dan sebagai Nara sumber berasal dari lembaga pers yaitu Dr. Soetomo.  Diharapkan agar kegiatan ini yang dilakukan oleh Humas BBPI semarang  bisa di tularkan kepada rekan – rekan agar citra BBPI Semarang menghadapi era digitalisasi bisa beradaptasi dengan teknologi, Dan Untuk Humas BBPI Semarang bisa menjadi ujung tombak dalam penyampaian informasi baik inovasi ataupun kegiatan yang ada di BBPI Semarang.

Related Posts:

0 Response to " DIKLAT APRESIASI KEHUMASAN "

Post a Comment