BIMTEK pengumpulan data pemasaran dalam negeri

Informasi pasar merupakan satu syarat penting dalam pengembangan pemasaran sesuai dengan dinamika perubahan pasar yang sangat cepat. Karenanya kebutuhan dan tuntutan informasi pasar peikanan juga semakin meningkat dari tahun ke tahun, yaitu informasi pasar yang berkualitas, cepat, tepat, akurat dan dapat dipertanggungjawabkan. Ini menuntut kerja keras pemerintah pusat dan daerah di dalam membangun sistem informasi pasar melalui Pelayanan Informasi Pasar yang memadai.




Olehnya itu Direktorat Akses Pasar dan Promosi Kementerian Kelautan dan Perikanan mengadakan Bimbingan Teknis Pengumpulan Data pada tanggal 20 – 21 Juni 2016 di Surabaya. Kegiatan ini diselenggarakan sebagai landasan dalam rangka kegiatan penguatan pendataan Hasil perikanan. ( sumber Suryanti tendrilipu, Spi, MM ).
Arah kebijakan pembangunan perikanan mengacu pada pendekatan market based theory atau pasar yang menjadi acuan kebijakan (market driven), sehingga ketersediaan produk yang dapat diterima dan diminati oleh konsumen menjadi core competency dalam strategic routing yang akan dilaksanakan.  Untuk itu, valuable creative activities perlu dirumuskan agar sumberdaya yang kita miliki (tangible, intangible, human resources) dapat menghasilkan produk yang dapat berkompetisi baik di dalam maupun luar negeri.  Sehubungan dengan hal tersebut, produk yang akan dipasarkan harus merupakan produk perikanan prima, yaitu produk yang memiliki sifat high quality; safe, traceable, high value content dan competitive.
Pemasaran produk perikanan dapat menjadi penghela bagi pengembangan sub sistem produksi baik dari hulu sampai hilir. Peningkatan pemasaran akan mampu mendorong terjadinya peningkatan produksi di sisi hulu maupun peningkatan produksi pengolahan di sisi hilir yang pada akhirnya mampu menyerap tenaga kerja sektor perikanan yang cukup besar. Sebagai penyedia lapangan kerja, perikanan telah berkontribusi terhadap penciptaan dan pengembangan industri rumah tangga, usaha mikro kecil menengah dan industri besar berskala ekspor. Peningkatan pertumbuhan ekonomi ditunjukkan dari kontribusi peningkatan kesejahteraan masyarakat pengolah dan pemasar hasil perikanan.
Serapan pasar hasil perikanan dalam negeri mengalami peningkatan dari tahun ke tahun.  Tahun 2013 tercatat serapan pasar hasil perikanan mencapai 8.739 ribu ton atau meningkat 5,06% dibanding tahun sebelumnya.  Peningkatan serapan pasar ini didukung juga dengan semakin berkembangnya diversifikasi produk olahan berbahan baku ikan yang mampu menjangkau kelas konsumen menengah – atas. Hal ini diperkuat dengan meningkatnya industri pengolahan yang menggarap pasar dalam negeri dengan tren permintaan yang meningkat

Related Posts:

0 Response to " BIMTEK pengumpulan data pemasaran dalam negeri "

Post a Comment