SET NET DI LAMPUNG

Pada tanggal 23 januari s/d 27 januari 2016 Balai Besar Penangkapan ikan semarang mengirim tenaga teknis alat penangkapan ikan Set Net ke Kabupaten Lampung Selatan, adapun tenaga teknis yang dikirim sejumlah 5 (lima) orang terdiri dari dua orang tenaga teknis alat tangkap set net dan tiga orang tim selam. Dalam kegiatan ini tim teknis BBPI bertugas mendampingi tim pemeriksa untuk mendapatkan data dan informasi mengenai alat tangkap set net yang telah terpasang di Kabupaten Lampung Selatan.
 Dalam kegiatan pendampingan ini, tim teknis BBPI Semarang melakukan pengambilan data alat tangkap set net yang telah terpasang sesuai arahan dari tim pemeriksa, dimana sebelum melakukan pengambilan data alat tangkap set net tim teknis melakukan persiapan peralatan selam, mencari informasi tentang kondisi perairan dan cuaca. Teknispengambilan data dilakukan dengan pengamatan secara visual dan pengukuran secara langsung, pengambilan data alat tangkap set net dipermukaan oleh dua orang tim teknis dibantu oleh para nelayan sedangkan pengambilan data didalam air dilakukan tiga orang tim selam menggunakan peralatan scuba lengkap dengan under water camera untuk dokumentasi bawah air. 

Selama dilokasi dimana alat tangkap set net terpasang tim teknis mendapatkan sambutan hangat dari petugas Dinas dan para nelayan setempat, sehingga terjadilah diskusi dari alat tangkap set net sampai kondisi para nelayan dilokasi tersebut. Informasi yang diperoleh dari Bapak Tri selaku petugas penyuluh perikanan kabupaten Lampung Selatan bahwa pemanfaatan alat tangkap set net dikelola oleh kelompok nelayan Sinar Tanjung yang beranggotakan 20 orang yang berasal dari dua dusun.

Sedangkan BapakMuhammad Yunus selaku ketua Kelompok Nelayan Sinar Tanjung menceritakan tentang alat tangkap yang digunakan oleh nelayan dimana lokasi set net terpasang terdiri dari bagan apung dan pancing ulur saja, sehingga dengan adanya pemasangan set net para nelayan merasa sangat terbantu pada proses penangkapan ikan baik secara waktu maupun hasil tangkapan yang diperoleh dibandingkan dengan alat tangkap nelayan sebelumnya, berharap dimasa yang akan datang para nelayan mendapatkan bimbingan serta pengetahuan tentang alat tangkap set net lebih lengkap mengenai cara pengoperasian,perawatan dan perbaikannya

close
SET NET DI LAMPUNG Rating: 4.5 Diposkan Oleh: zavira khan

0 komentar:

Post a Comment