PEMBANGUNAN KAPAL BANTUAN UNTUK NELAYAN

PEMBANGUNAN  KAPAL BANTUAN UNTUK NELAYAN - Jakarta, Direktorat Kapal Perikanan dan Alat Penangkapan ikan (DIT. KAPI) adalah institusi dibawah naungan Direktorat Jenderal Perikanan Tangkap, Sehubungan akan dibangunnya kapal perikanan untuk nelayan sebanyak ± 3000 unit kapal yang nantinya akan diberikan kepada koperasi nelayan. Yang dimaksudkan untuk mendorong peningkatan kesejahteraan nelayan dan juga upaya mendukung industri galangan kapal dalam negeri. 

Oleh Karena itu pada tanggal 13 s/d 15 Januari 2015 Dit. KAPI Mengundang Tim ahli Perkapalan yaitu Oktavian Rahardjo S.T, M.T, Nanang Setiyo Budi S.T dan M. Najib S.T dari Balai Besar Penangkapan Ikan Semarang untuk rapat teknis tentang pembahasan pembangunan ± 3000 unit kapal perikanan. Tim ahli dari BBPI telah memberikan masukan mengenai desain kapal ikan yang akan dibangun diantaranya berukuran 3 GT, 5 GT, 10 GT, 20 GT dan 30 GT. Sesuai dengan desain yang telah dibuat, diutamakan kapal ikan yang akan dibangun terlebih dahulu adalah kapal dengan ukuran 3 GT dengan mesin on board. 

PEMBANGUNAN  KAPAL BANTUAN UNTUK NELAYAN
Pengadaan pembangunan kapal akan melibatkan industri galangan kapal yang ada didalam negeri melalui Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (LKPP)  dengan menggunakan e –katalog kapal dan dokumen teknis untuk pengadaan kapal dengan spesifikasi yang ada, dengan dukungan teknis antar lembaga yaitu PM PAL akan memeriksa material baik spesifikasi dan kuaitas, memastikan ketersedian fasilitas dan SDM galangan peserta sesuai hasil survey, pengawasan supervisi pembangunan kapal sesuai prosedur, dan pengawasan pembangunan kapal perikanan sesuai jadwal yang telah ditetapkan. 

BKI akan memeriksa persetujuan sesuai dengan prosedur, pengawasan pembangunan, sertifikasi material dan equipment, dan penerbitan dokumen sertifikat tarkait. KEMENHUB akan menyiapkan dokumen/surat ukur kapal terkait serah terima kapal. Dan KEMENPERIND akan melakukan pembinaan industri galangan kapal dan pembinaan insdustri pendukung/local untuk peningkatan TKDN. 

Program yang didukung oleh Menteri KKP berharap pembangunan ± 3000 unit kapal dapat mendukung suplai ikan terhadap pasar dan produksi ikan dalam negeri semakin meningkat. serta mendorong peningkatan konsumsi domestik.

close
PEMBANGUNAN KAPAL BANTUAN UNTUK NELAYAN Rating: 4.5 Diposkan Oleh: zavirraa khan

0 komentar:

Post a Comment