Lemahnya perikanan indonesia PART 2

Setelah kita membahas pada lemah perikanan part 1 kita akan berdiskusi permasalahan apa dan bagaimana penyelesaiannya. Perikanan indonesia seharusnya menjadi no satu di dunia karena indonesia mempunyai laut yang begitu besar dan luad. Keanekaragaman sumber daya ikan di indonesia juga mempunyai nilai tersendiri. Tapi kenapa kita masih kalah dengan negara lain.
Pertanyaan itu selalu ada dipikiran kita semua. Dan sebagai warga negara yang baik kita juga wajib untuk ikut berpartisipasi dalam pembangunan indonesia khusunya pembangunan perikanan dan kelautan. Dari dulu mindset kita terlalu lama didalam pola negara agraria. Padahal pola sebenarnya kita adalah negara maritim. Jadi langkah pertama kita rubah dulu cara pandang dan pikiran kita.
Sebagai negara maritim banyak hal yang harus kita persiapkan salah satunya pelabuhan. Banyak di Indonesia yang daerah perikanan tapi belum ada pelabuhan. Dan kalaupun ada pelabuhan tataletak kurang diperhatikan, kebersihan dan kehigienisan masih sangat jauh, dan sistem yang masih tumpang tindih.
Insfrastruktur pelabuhan dan pendukungnya seharusnya menjadi sasaran utama dalam pembangunan negara maritim. Maka mari kita perbaiki dahulu pelabuhan pelabuhan perikanan kita yang meliputi pelabuhan pantai, pelabuhan nusantara dan pelabuhan samudera. Maju terus dunia perikanan dan kelautan indonesia.

Related Posts:

0 Response to "Lemahnya perikanan indonesia PART 2"

Posting Komentar