Anggaran KKP dan fokus perikanan tangkap


Pada momentum Penyerahan DIPA tahun 2016 Kementrian kelautan dan perikanan ditetapkan sebagai kementrian percontohan dalam pengelolaan anggaran. Dalam kesempatan ini menteri susi pudjiastuti merasa bangga karena dalam satu tahun kepemimpinan nya sudah banyak melakukan terobosan - terobosan yang dinilai sangat berani. Maka dalam Daftar isian penggunaan anggaran ( DIPA ) 2016 KKP mendapatkan anggaran 13.8 Triliun. Dan anggran sebesar itu belum termasuk tambahan anggaran dari sisa anggaran lebih ( SAL ) tahun 2015 sebesar 1,5 Triliun
Menteri susi pudjiastuti mengingatkan penggunaan anggaran harus se efektif mungkin. efektif ini bukan ketidak mampuan dalam penyerapan anggaran tapi lebih ditekankan anggaran ini harus lebih mengena kepada program - program perikanan yang berkelanjutan, kemandirian dan kedaulatan. Angaaran tahun 2016 terbilang fantastic karena kenaiakan nya lebih dari 50 persen dari tahun anggaran 2015. Penanbahan anggaran tersebut menunjukan bukti komitment pemerintah dalam menjalankan program poros maritime.
Untuk Dirjen tangkap sendiri, alokasi anggaran nya akan di gunakan untuk membantu pengadaan kapal ikan 10-30 gt sebanyak 3325 unit, pengadaan 1unit kapal pengolah 1.200 GT, 2 unit kapal angkut ikan, 13.872 alat tangkap. Selain itu, kata dia, KKP akan meluncurkan asuransi 1 juta nelayan dan sertifikasi tanah untuk 20 ribu nelayan. “Kami juga akan melakukan penyempurnaan online sistem perizinan di 56 titik, serta sertifikasi 3 ribu orang yang akan menggunakan kapal layak tangkap. Sedangkan 2016 volume produksi perikanan tangkap mencapai 6,45 juta ton,
Alokasi tersebut sudah sejalan dengan pengembangan perikanan tangkap yang berfokus pada kesejahteraan nelayan. Dan hal tersebut bisa terlaksana apabila ada keberlanjutan dari usaha perikanan tangkap dan keberlanjutan sumber daya ikan yang merupakan pilar dari pembangunan nasional kelautan dan perikanan.
BBPI, Semarang sebagai unit pelaksana teknis dari dirjen tangkap akan siap menjalankan program- program yang sudah ditetapkan. Selain itu BBPI, Semarang akan senantiasa menciptakan inovasi yang muaranya juga untuk kesejahteraan nelayan.

Related Posts:

0 Response to " Anggaran KKP dan fokus perikanan tangkap "

Post a Comment