Alat Tangkap Bubu

 alat tangkap bubu

Bubu adalah salah satu jenis alat penangkap ikan yang dioperasikan secara pasif di dasar perairan. Bentuk bubu sangat beraneka ragam, ada yang berbentuk segi empat, trapesium, silinder, lonjong, bulat setengah lingkaran, persegi panjang dan bentuk lain. Bubu dilengkapi dengan pintu masuk (injab). Pintu ini dikontruksi sedemikian rupa agar Ikan, Udang, atau Rajungan dapat leluasa masuk ke dalam bubu, tetapi sulit meloloskan diri keluar dari dalam Bubu (Martasuganda, 2008).

Bubu pada umumnya berukuran tidak terlalu besar. Dibandingkan dengan alat yang sejenis alat bubu dapat lebih mudah dipindahkan dari satu tempat penangkapan ke daerah penangkapan lain, sehingga bubu merupakan suatu jenis bangunan penjebak/perangkap yang dapat dijadikan sebagai alat sampingan. Berguna untuk menambah/meningkatkan hasil pendapatan nelayan bersangkutan (Mulyadi, 2000).


Klasifikasi alat tangkap bubu
Menurut Brandt (1984), bubu diklasifikasikan ke dalam traps. Perangkap (traps) dan penghadang tersebut ialah semua alat penangkap yang berupa jebakan. Alat penangkap ini sifatnya pasif dibuat dari anyaman bamboo (bamboos netting), anyaman rotan (rottan netting), anyaman kawat (wire netting, chicken wire), kere bamboo (bamboos screen), misalnya bubu (fish pot atau fyke), sero (guiding barrier, stake traps), lain-lainnya (subani dan barus, 1989).

Menurut Dulgofar (2000), bubu yang digunakan oleh para nelayan dapat diklasifikasikan berdasarkan bentuk atau sasaran alat tangkap ini, yaitu :
1.   Klasifikasi menurut bentuk bubu
a. Bubu berbentu kerucut terpotong
Bentuk bubu seperti ini lebih stabil di dasar laut. Jenis bubu ini biasanya di gunakan untuk mengkap kepiting atau udang. Bila dipergunakan untuk menangkap kepiting, pintu masuk (injab) bubu ini dipasang pada bagian atas, sedangkan bila dipergunakan untuk menangkap udang, pintu masuknya dipasang pada bagian samping.

b. Bubu berbentuk pyramid terpotong
Jenis bubu ini dapat digunakan untuk menangkap ikan atau berbagai jenis lobster;
c. Bubu berbentuk silinder
Bubu berbentuk silinder umumnya digunakan untuk menangkap ikan demersal, seperti Kakap, Kurisi, Kerpu, dan lain-lainnya;
d. Bubu berbentuk semi silinder
Bubu berbentuk semi silinder umumnya digunakan untuk menangkap udang karang atau lobster; dan
e. Bubu berbentuk kotak
Bubu berbentuk kotak biasanya digunakan untuk menangkap ikan atau kepiting.
2.    Klasifikasi bubu berdasarkan sasaran tangkapan
a. Bubu kepiting;
b. Bubu udang;
c. Bubu lobster;
d. Bubu ikan;
e. Bubu cumi-cumi;
f. Bubu kerang;

Related Posts:

0 Response to " Alat Tangkap Bubu "

Posting Komentar