Masih Banyak Pelaku Illegal Fishing Dari FILIPINA

Tertangkapnya Dua kapal pelaku Illegal fishing dari filipina di perairan indonesia memberikan bukti bahwa masih ada yang berani mencuri di perairan indonesia. Filipina yang merupakan negara tetangga indonesia di sebelah utara provinsi sulawesi utara, Indonesia memang sangat dekat di perairan indonesia. 
Modus dalam operasi illegal fishing yang dilakukan filipina terbilang beda dari negara lain. Mereka tidak menggunakan kapal filipina untuk mencuri ikan tetapi menggunakan kapal berbendera indonesia yang dibeli oleh pengusaha filipina. Mereka menggunakan ABK dari filipina yang masih keturunan dari indonesia. Dan filipina memberikan harga jual yang tinggi kepada nelayan indonesia untuk menjual hasil tangkapan nya ke negara nya.
Karna faktor ini lah banyak ikan - ikan kita yang masuk ke negara filipina dan secara tidak langsung sudah merugikan indonesia. Pemerintah melalui kementrian kelautan dan perikanan seharusnya lebih menguatkan daerah perbatansan dengan membangun dan memperbaiki insfrasuktur penunjang kegiatan perikanan di daerah perbatasan termasuk daerah perbatasan dengan filipina.
Semoga ke depan laut kita lebih mensejahterakan nelayan bangsa sendiri dan pemerintah lebihbisa tegas dalam mengawasi serta melindungi sumber daya perikanan di Indonesia.

Related Posts:

0 Response to " Masih Banyak Pelaku Illegal Fishing Dari FILIPINA "

Post a Comment