Fenomena banyaknya ikan yang mati dipantai Ancol.

Setiap tahun dipantai ancol nampak ikan yang mati terdampar namun kali ini kematian ikan sudah yang paling besar. Ikan yang mati berjejer disepanjang pantai dan jenisnya pun beraneka ragam. Dari mulai jenis iakan petek, kakap, bahkan sampai lele laut pun ada.
Menurut prediksi awal tentang kematian ribuan ikan ini disebabkan oleh kurangnya pasokan oksigen akibat aliran air dari muara sungai. Untuk pantai ancol ada 13 sungai yang bermuara disana. Pada saat musim penghujan seperti sekarang ini debit air yang mengalir kemuara lebih besar. Mengalirnya air dengan membawa beraneka sampah dan bakteri. Disaat air datang dengan tiba- tiba maka permukaan air akan tertutup oleh sampah dan arus didasar membuat material endapan menjadi naik keatas. Dan ikan sesak untuk bernafas ditambah lagi dengan adanya bakteri maka kematian akan lebih cepat. Itulah predisi awal dari fenomena ini.
Selain dari penyebab itu juga yang perlu kita lihat juga telah rusaknya ekosistem dan habitat ikan karena berbagai pembangunan termasuk adanya reklamasi pulau di jakarta. Belum lagi banyaknya hutan bakau yang telah dijadikan pemukiman menyebabkan ikan sulit untuk berlindung. Seharusnya pemerintahan DKI Jakarta lebih tanggap dengan isu -isu lingkungan. Itu baru ikan yang mati, bagaimana kalau masalah lingkungan ini juga menimpa manusia.


Related Posts:

0 Response to " Fenomena banyaknya ikan yang mati dipantai Ancol. "

Post a Comment