tata niaga ikan untuk nelayan

Penangkapan ikan hasil akhir nya adalah harga ikan untuk menunjang kehidupan nelayan. Hasil tangkapan ini sebenarnya dari sistem yang dibangun sudah cukup bagus dengan adanya tempat pelelangan ikan. Tempat pelelangan ikan sebagai sarana agar harga ikan bisa bersaing. Disaat paceklik harga ikan naik drastis tapi saat panen raya ikan tidak ada harga. 
Tata niaga nelayan harus segera di perbaiki, nilai jual harga ikan yang rendah ketimbang biaya opersional yang tinggi selama ini masih menjadi ketakutan para nelayan. Dengan perbaikan tata niaga nelayan diharapkan nelayan menjadi pebisnis yang tangguh. Nelayan juga mempunyai managemen perdagangan yang jelas.
Tata niaga nelayan tidak hanya nelayan bisa menentukan harga ikan secara ekonomis.tetapi dari permodalan juga pihak bank bisa membantu nelayan. Pemerintah didorong agar lebih memperhatikan tata niaga nelayan dan tata kelola insprastruktur. Tata kelola infrastruktur seperti temapt pelelangan yang rapi dan bersih, tersedianya cold storage untuk hasil ikan yang melimpah, dan model transaksi online.


Related Posts:

0 Response to " tata niaga ikan untuk nelayan "

Post a Comment