Pengukuran Bentuk Lambung Kapal Cantrang

Pengukuran Bentuk Lambung Kapal Cantrang - Kapal cantrang di pantai utara jawa kondisinya banyak yang terparkir didermaga dan home base nelayan. Penyebab banyaknya kapal cantrang yang mangkrak bukan karena faktor bahan bakar minyak yang langka tetapi karena imbas dari peraturan menteri yang melarang penggunaan alat cantrang. Untu menangatasi pelarangan alat tangkap cantrang maka KKP memberikan solusi dengan mengganti alat tangkap yang lebih ramah lingkungan seperti Gill Net dan rawai. Selain itu Pengalihan alat tangkap secara otomatis akan merubah fungsi dari kapal cantrang ke kapal Gillnet

Untuk mendapatkan hasil sempurna semisal saja kapal cantrang mau di rubah kapal gillnet maka jelas ada perubahan fungsi. Dan apabila zona penangkapan di ganti atau pun dirubah maka kondisi kapal apakah siap dengan angin dan arus yang berbeda. Oleh karena hakl ini di perlukan pengujian.

Pengukuran Bentuk Lambung Kapal Cantrang
Pengukuran Bentuk Lambung Kapal Cantrang


Aturan tentang pelarangan cantrang memang banyak menganggu berbagai sektor pelaku perikanan. Dari mulai nelayan yang menangkap sampai penjual ikan dan warung makan merasakan akibat pelarangan alat tangkap cantrang. Untuk data awal pengujian performa kapal maka kapal cantrang perlu di ukur kembali untuk mendapatkan desain awal dari kapal cantrang.

Pengukuran lambung kapal maksud dan tujuannya untuk mengetahui performa kapal dan karakteristiknya. Dimana setelah hasil pengukuran tersebut dianalisa dan hasilnya apakah kapal cantrang bisa digunakan dengan alat tangkap yang lain seperti purse seine atau gill net.

close
Pengukuran Bentuk Lambung Kapal Cantrang Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Post a Comment