Nelayan Weleri Panen Menangkap Udang

Masa Panen Udang Di Weleri

Pada bulan oktober mendekati musim penghujan. Ada rejeki tersendiri bagi nelayan weleri. Disaat banyak nelayan yang tidak melaut karena faktor cuaca yang tidak mendukung nelayan weleri malah menganggap ombak dan angin adalah rintangan untuk menikmati panen udang yang melimpah.
TPI Gempol Sewu, Weleri

Menurut beberapa nelayan di tempat pelelangan di weleri saat ini nelayn tidak masuk untuk mengikuti lelang karena peran dari tengkulak yang memodali para nelayan dan hasilnya diharuskan di jual ke tengkulak. Disini nasib nelayan seakan - akan menjadi sapi perah para tengkulak.

Nelayan Weleri Masih Skala Tradisional

Nelayan weleri masih merupakan nelayan yang bersifat tradional. Dengan kapal yang dibawah 5 GT operasi penangkapan nya masih disekitar pantura kendal, Jumlah nelayan di kendal sekitar7000 orang dan nelayan terbanyak ada didaerah weleri. Kondisi perairan diwilayah kendal saat ini angin kencang dan sedikit gelombang.

Alat Tangkap Yang di gunakan Nelayan 
Nelayan weleri Kebanyakan Masih Menggunakan alat tangkap Semisal Dogol, Arad, Jaring Kejer, Jaring kantong dan Bubu.

Untuk Menangkap Udang mereka Menggunakan Dogol. arad Dan jaring Kantong. Walaupun Penggunaan alat Tangkap arad dan dogol sudah di larang tapi masih ada nelayan yang menggunakannya.

Demikian Sekilas Artikel mengenai nelayan Weleri yang panen Udang Dogol

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

           
         
close