Nelayan tradisional dengan sumber daya ikan yang melimpah di Mamuju

Potensi perikanan di provinsi Sulawesi barat, Mamuju semakin meningkat pesat. Pada 2009 produksi perikanan laut Kabupaten Mamuju mencapai 10.880 ton kemudian meningkat menjadi 28.019 ton pada tahun 2014.

Diharapkan investor dapat membangun industri perikanan karena daerah ini kaya akan hasil laut seperti komoditi ikan tuna yang menjadi andalan Sulbar dan terdapat komoditi perikanan lain unggulan di Sulbar antara lain Cakalang, Tongkol dan Ikan Terbang, yang juga akan mampu menopang peningkatan perekonomian daerah.

Potensi potensi yang sangat besarnya ini harusnya menjadi pekerjaan ruimah untuk kementrian kelautan dan perikanan. Karena di Indonesia juga masih banyak daerah daerah yang masih kekurangan sumber daya ikannya. 

Kita lihat saja bagaimana kondisi pantai utara jawa ( PANTURA ) hampir sudah terdegradasi untuk sumber daya ikannya. Asalkan mereka para nelayan mau untuk mengelola dengan baik dan benar serta pemerinta tetap komitmen untuk mensejahterakan nelayan jelas pemerataan pembangunan di bidang perikanan akan menjadi mudah.
Selama ini nelayan tersebut masih menggunakan peralatan yang sangat sederhana. Mari kita kembangkan dunia perikanan di provinsi mamuju.

Related Posts:

0 Response to " Nelayan tradisional dengan sumber daya ikan yang melimpah di Mamuju "

Posting Komentar