Konsep Poros Maritim

Konsep Poros Maritim - Indonesia timur memiliki banyak keindahan alam. Selain alam yang indah indonesia timur juga memiliki sumber daya perikanan yang melimpah.kedua faktor inilah selain faktor perdagangan bahwa indonesia timur siap untuk konsep percontohan poros maritime.

Apalagi indonesia timur memiliki ribuan pulau kecil. Apabila pulau 2 kecil ini diberi fasilitas pelabuhan2 kecil maka konektivitas antar pulau bisa tersambung. Jalur kemaritiman akan sedikit terbuka.

Konsep Poros Maritim

Kita ambil contoh di ambon maka dengan sendiri nya konektivitas disekitar ambon akan mendukung peranan ambon sebagai objek percontohan.

Konsep Poros Maritim

Dalam hal konsep memang diharapkan setiap pemangku kepentingan ikut terlibat didalamnya. Perananan dari pemerintah pusat, pemerintah daerah dan swasta harus selalu sejalan dan menjadikan konsep tersebut terealisasi. Kementrian - kementrian yang terkait juga harus mengagendakan bahwa program go maritime, go east adalah program utama.

9(Sembilan) agenda prioritas acara Nawacita  inti adalah sebagai berikut:

1. Menghadirkan kembali negara buat melindungi segenap bangsa dan memberikan rasa aman pada semua rakyat negara, melalui politik luar negeri bebas aktif, keamanan nasional yg terpercaya dan pembangunan pertahanan negara Tri Matra terpadu yg dilandasi kepentingan nasional dan memperkuat jati diri sebagai negara maritim.

2. Membuat pemerintah selalu hadir menggunakan dan membangun rapikan kelola pemerintahan yg bersih, efektif, demokratis, dan terpercaya, menggunakan memberikan prioritas dalam upaya memulihkan kepercayaan  publik dalam institusi-institusi demokrasi menggunakan melanjutkan konsolidasi demokrasi melalui reformasi sistem kepartaian, pemilu, dan forum perwakilan. Perlunya keterbukaan dalam pemerintahan dan pro kebijakan rakyat.

3. Membangun Indonesia berdasarkan pinggiran wilayah ,menggunakan memperkuat daerah-daerah dan desa pada kerangka negara kesatuan. Pengembangan insfrastruktur perbatasan dengan membuat kota ekonomi yang kuat. Dan perpindahan penduduk di perbatasan agar mereka kuat secara jumlah dan pembangunan.

4. Menolak negara lemah dengan melakukan reformasi sistem dan penegakan hukum yg bebas korupsi, bermartabat, dan terpercaya.

5.Meningkatkan kualitas hayati manusia Indonesia melalui peningkatan kualitas pendidikan & pelatihan dengan acara Indonesia Pintar; dan peningkatan kesejahteraan masyarakat menggunakan acara Indonesia Kerja & Indonesia Sejahtera menggunakan mendorong land reform & program kepemilikan tanah seluas 9 hektar, program tempat tinggal   kampung deret atau rumah susun murah yg disubsidi dan agunan sosial buat warga  di tahun 2019.

6. Meningkatkan produktivitas masyarakat dan daya saing pada pasar internasional sehingga bangsa Indonesia bisa maju & bangkit bersama bangsa-bangsa Asia lainnya.

7. Mewujudkan kemandirian ekonomi dengan menggerakkan sektor-sektor strategis ekonomi domestik.

8. Melakukan revolusi karakter bangsa melalui kebijakan penataan balik  kurikulum pendidikan nasional menggunakan mengedepankan aspek pendidikan kewarganegaraan, yang menempatkan secara proporsional aspek pendidikan, seperti pedagogi sejarah pembentukan bangsa, nilai-nilai patriotisme & cinta Tanah Air, semangat bela negara & budi pekerti di pada kurikulum pendidikan Indonesia.

9. Memperteguh kebhinnekaan dan memperkuat restorasi sosial Indonesia melalui kebijakan memperkuat pendidikan kebhinnekaan dan membangun ruang-ruang dialog antar warga.

Sembilan acara itu disebut Nawa Cita. Program ini digagas buat menerangkan prioritas jalan perubahan menuju Indonesia yang berdaulat secara politik, serta berdikari pada bidang ekonomi & berkepribadian pada kebudayaan.

Apa itu poros maritim?

Ini konsep keunggulan geo strategis berbasis kekayaan laut. Jalesveva jayamahe. Di laut kita jaya!.  Indonesia negara maritim terbesar pada dunia. Sektor kelautan mampu menghasilkan 1/4 APBN setara lima ratus triliun. Namun belum dikelola menggunakan baik & optimal.

Untuk Menerapkan Konsep sebagai Poros maritim maka di perlukan pemahaman yang sama tentang arti dari poros maritim itu sendiri.

Visi dan misi disatukan agar kedepan bangsa kita terdepan di hal kelautan, perikanan , pelayaran dan kemaritiman.

Untuk itu di perlukan Syarat Menjadi Negara Maritim 

Wajib  dibangun armada dan keterampilan serta sentra industri pengolahan & perdagangan berbasis komunitas kelautan pada sedikitnya sepuluh wilayah (zona) maritim.

close
Konsep Poros Maritim Rating: 4.5 Diposkan Oleh: zavira khan

0 komentar:

Post a Comment