Belum menjadi negara poros maritim

Kementrian kelautan dan perikanan indonesia terus melakukan perbaikan diri guna menuju kemandirian di bidang perikanan. Dengan luas laut yang begitu luas dan pengelolaan yang cukup lama dalam kondisi carut marut membutuhkan waktu yang sedikit lambat untuk kemajuan2 nya.

Kebijakan bu menteri sekarang sudah mulai terasa apa lagi kalau diikuti oleh kementrian2 yang lain. Seharusnya semua pembangun yang dibawah pemerintah jokowi semua pembangunan harus dimulai dengan berorentasi ke sektor kelautan dan perikanan.

Kita sudah terlalu dibuai dengan istilah negara agraria padahal kita ini adalah negara kemaritiman dan negara kepulauan.
Perlu ada perbaikan yang terkonsep untuk menjadikan indoneaia sebagai poros maritim.

Lalu apakah kita sudah menjadi poros maritim dunia. Saya rasa kita belum 20 persen menjadi negara maritim. Kita bisa melihat dari aktifitas perdagangan. Untuk perdagangan lewat pelabuhan masih terkonsentrasi di 3 pelabuhan yang ada di jawa. Belum lagi untuk indek perdagangan dengan negara lain , peranan indonesia dengan kemaritiman masih kalah dengan singapura dan malaysia.



Related Posts:

0 Response to " Belum menjadi negara poros maritim "

Post a Comment