Identifikasi alat penangkap ikan di kalimantan timur

Pada tanggal 21 s/d 30 April 2015 BBPI Semarang telah melaksanakan “Kegiatan Identifikasi Alat Penangkap Ikan dan Sumberdaya Ikan Perairan Umum Darat di Kalimantan Timur”. Kegiatan ini dilaksanakan oleh tim teknis yang terdiri dari Eris Mulyadi, Rudiro Nuraini dan Nugroho Wahyu Kusumo. Pengambilan data dilakukan di lokasi Desa Pela, Kecamatan Kota Bangun, Kabupaten Kutai Kertanegara, Provinsi Kalimantan Timur.

Latar belakang dari kegiatan ini adalah terjadi penurunan populasi ikan-ikan lokal di perairan umum seperti di sungai mahakam, danau-danau yang berada di kab. Kutai Kartanegara dan Kutai barat, menurunnya kualitas lingkungan perairan akibat panas berkepanjangan dan terjadinya perubahan fisik yaitu pendangkalan pada dasar danau akibat banyaknya material yang masuk ke danau dan tidak diimbangi dengan melakukan normalisasi. Penurunan populasi ikan erat kaitannya dengan kondisi lingkungan perairan dan intensitas penangkapan. Oleh karena itu  perlu pendataan melalui identifikasi dan inventarisasi SDI dan API di danau Semayang, Kalimantan Timur sebagai dasar dalam pengelolaan sumberdaya ikan (SDI) di PUD.
Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengetahui jenis – jenis alat tangkap yang digunakan oleh nelayan yang beroperasi di danau Semayang dan jenis – jenis sumberdaya ikan yang ada di danau semayang. Metode yang digunakan dalam pengambilan data adalah dengan cara pengamatan dan pengukuran secara langsung secara melalui wawancara dengan nelayan. Jenis alat tangkap yang beroperasi di danau Semayang terdiri dari Rengge Batu Gelang, Rengge Bugis, Rengge Patin, Jaring Rimpa,   Tamba Puyau, Tamba Udang Balapas, Tamba Hampang, Juluk, Lukah Belut, Lukah Gabus,  Pengilar, Tamba Udang Kawat, Pengilar Pepuyu, Rawai Bentang, Rawai Lapak, Rawai Udang, Sawaran, Sangga,  Sodok, Jala, Anco, Trawl Udara, Pagungan, Jaring Raba.
Semoga dengan adanya “Kegiatan Identifikasi Alat Penangkap Ikan dan Sumberdaya Ikan Perairan Umum Darat di Kalimantan Timur” ini akan dapat menambah informasi dan data  tentang jenis alat penangkap ikan dan sumberdaya ikan di perairan umum darat bagi masyarakat kelautan dan perikanan pada umumnya dan pemerintah pada khususnya sebagai bahan pertimbangan dalam membuat kebijakan dalam pengelolaan sumberdaya ikan di perairan umum daratan.

Related Posts:

0 Response to " Identifikasi alat penangkap ikan di kalimantan timur "

Posting Komentar