DIRGAHAYU HARI MARITIM NASIONAL


21- Agustus 2015 .Menko Maritim dan Sumber Daya Rizal Ramli bertekad mengembalikan kejayaan kelautan Indonesia. Ia berharap, seperti masa kehebatan pada Kerajaan Majapahit dan Kerajaan Sriwijaya.
Menurut Rizal, hal itu memungkinkan dengan menjadikan Hari Maritim tahun ini sebagai momentum kebangkitan kembali kejayaan Indonesia sebagai bangsa maritim yang kuat.
 Dulu Indonesia dikenal sebagai bangsa bahari yang tangguh. Kerajaan Majapahit di Jawa dan Sriwijaya di Sumatera sangat ditakuti lawan dan disegani kawan karena memiliki angkatan laut yang kuat. Saya yakin, dengan izin Allah dan kerja keras kita semua, Indonesia bisa kembali mewujudkan kejayaan tersebut," ujar Rizal Ramli dalam salah satu rilis berita di media online.
Benar, bahwa Nusantara ini memiliki sejarah maritim yang sangat membahagiakan untuk dikenang, didengungkan pada berbagai forum dan diabadikan dalam berbagai bentuk fisik. Semuanya itu bicara tentang masa lalu,Maritim indonesia juga tidak lepas dengan dunia perikanan.Berapa ribu kapal perikanan yang berlayar di lautan indonesia.Selain dari sisi fisik kapalnya juga ada nilai eksploitasi sumber daya alamnya.
Potensi sektor ekonomi laut setidaknya terdapat sepuluh jenis yang dapat dikembangkan untuk kemajuan dan kesejahteraan bangsa, meliputi perikanan tangkap,  perikanan budi daya, industri pengelolaan hasil perikanan, industri bioteknologi kelautan, energi dan sumber daya mineral, pariwisata bahari, perhubungan laut, industri dan jasa maritim sumber daya wilayah pulau-pulau kecil, dan sumber daya kelautan nonkonvensional. Dari segi kesejahteraan (khususnya perekonomian) , kesepuluh potensi sektor ekonomi laut tersebut, jika dikelola dengan baik diperkirakan akan mampu memberikan sumbangan pendapatan negara yang lebih besar.
Semoga konsep sebagai negara poros maritim bisa tercapai dan melalui kementrian kelautan dan perikanan kejayaan tersebut bisa dilaksanakan.

Related Posts:

0 Response to " DIRGAHAYU HARI MARITIM NASIONAL "

Post a Comment