MENGETAHUI PERBEDAAN PUKAT TARIK DAN HELA

Perbedaan Pukat Tarik Dan Pukat Tarik- Ada beberapa Jenis alat tangkap yang menggunakan Pukat dan kebanyakan pengoperasian Pukat tersebut menggunakan dua metode yaitu Di tarik dan Dihela. Untuk Pukat tarik mempunyai Cara Pengoperasian sama yaitu Pukat di tarik. Baik itu di tarik manual maupun di tarik dengan alat penarik jaring.

Saat Ini keberadaan akan  Pukat hela dan Pukat tarik telah di larang pengoperasiannya di seluruh perairan indonesia. Dan pelarangan tersebut tertuang dalam Permen KP no 2 tahun 2015 tentang pelarangan alat tangkap yang tidak ramah lingkungan.

Jenis Pukat tarik (seine net) kelompok alat penangkapan ikan berkantong (cod-end) tanpa alat pembuka mulut jaring, Dan Pembuka jaring tersebut biasanya menggunaka Otteh Board, besi berpancang.

Perbedaan Pukat Tarik Dan Pukat Hela
Perbedaan Pukat Tarik Dan Pukat Hela

Teknik pengoperasian Pukat tarik yaitu dengan cara melingkari gerombolan (schooling) ikan dan menariknya ke kapal yang sedang berhenti/berlabuh jangkar atau ke darat/pantai melalui kedua bagian sayap dan tali selambar. (SNI 7277.6:2008). 

Pukat ditarik ke arah kapal yang sedang berhenti atau berlabuh jangkar atau ke darat/pantai melalui tali selambar di kedua bagian sayapnya. Pengoperasiannya dilakukan pada permukaan, pertengahan maupun dasar perairan . 

Ada beberapa Jenis alat tangkap Pukat Tarik antara lain :

- Pukat Pantai

Pukat tarik pantai dioperasikan di daerah pantai untuk menangkap ikan pelagis & demersal yang hidup di daerah pantai. 

- Lampara Dasar / Dogol

Dogol dan lampara dasar dioperasikan pada dasar perairan umumnya menangkap ikan demersal. 

- Payang

Payang dioperasikan di kolom perairan umumnya menangkap ikan pelagis.

Sedangkan Untuk Jenis alat tangkap Pukat Hela antara lain :

Pukat Hela merupakan kelompok alat penangkapan ikan terbuat dari jaring berkantong yang dilengkapi dengan atau tanpa alat pembuka mulut jaring dan pengoperasiannya dengan cara dihela di sisi atau di belakang kapal yang sedang melaju (SNI 7277.5:2008).

- Trawl

Trawl di operasikan untuk menangkap udang dan bisanya trwal di lengkapi dengan alat bantu seperti winch dan rigs.

- Cantrang

Cantrang dioperasikan menggunakan alat bantu kapstan untuk menarik tali selambar dan saat ini cantrang tengah menjadi polemik di PANTURA.

- ARAD

Arad sama dengan trawl perbedaan nya hanya pada ukuran kapal dan ukuran jaring. Sama sama menggunakan other board/ pembuka jaring. 

Gambar Pukat Untuk lebih mengetahui bentuk dan macamnya

Demikian sedikit informasinya tentang Perbedaan Pukat Tarik dan Pukat Hela. Semoha informasi yang sedikit ini bisa bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

           
         
close