Tramel Net

Tramel Net
Tramel Net

Tramel Net

Sejak diberlakukannya Keputusan Presiden (Keppres) No. 39/ Tahun 1980 tentang pelarangan penggunaan jaring trawl atau pukat harimau disebagian besar wilayah Indonesia, kemudian muncul alat-alat penangkap ikan alternatif sebagai pengganti jaring trawl. Salah satu alat tangkap yang dimaksud adalah Trammel Net atau jaring tiga lapis.

Trammel Net dalam penggolongannya masih termasuk dalam jenis gill net. Jaring ini merupakan alat penangkap udang yang cukup efektif yang terdiri dari tiga lapis jaring. Di bagian dalam sebanyak satu lapis, ukuran matanya  lebih kecil dan di bagian luar sebanyak dua lapis dengan ukuran mata lebih besar. 

Di bagian atasnya diikatkan pelampung, sedangkan di bagian bawahnya diikatkan pemberat. Dioperasikan di dasar perairan untuk menangkap udang Penaeid.

Keberhasilan Tramel Net untuk menangkap udang sudah terbukti cukup baik, hal ini dapat dilihat hampir diseluruh wilayah Indonesia yang perairannya cocok dengan habitat udang pasti ada penangkapan dengan menggunakan alat tangkap trammel net.

Trammel Net merupakan alat tangkap yang sesuai untuk diterapkan dan dikembangkan dikalangan nelayan skala kecil, karena alat ini mempunyai bentuk dan konstruksi yang sederhana dan harganya relatif terjangkau. 

Pengoperasiannya mudah dan dapat dioperasikan dengan perahu bermotor / tanpa motor berukuran kecil dengan nelayan sebanyak 2 – 3 orang. Namun demikian dapat juga diusahakan secara industri.

Agar Tramel Net tetap sebagai alat penangkap ikan (udang) yang ramah lingkungan, maka Petugas Perikanan Tangkap yang terkait harus tetap waspada dan tidak lengah dalam melaksanakan Pengawasan dan Pengendalian (WASDAL) di lapangan.

close
Tramel Net Rating: 4.5 Diposkan Oleh: zavira khan

1 komentar: