Perbedaan Teknik dan Metode Penyuluhan

Perbedaan Teknik dan Metode Penyuluhan - Seringkali kita tertukar mengartikan apa itu metode penyuluhan dan apa itu teknik penyuluhan. Berikut beberapa pengertian mengenai metode dan teknik penyuluhan agar kita lebih tau letak perbedaannya.
Perbedaan Teknik dan Metode Penyuluhan




METODE PENYULUHAN

  1. Metoda atau ”method” menurut asal katanya, dapat diartikan dengan : cara untuk mengerjakan sesuatu kegiatan atau the way to do something (A. S Hornby & EC. Parn Well, 1972).
  2. Di dalam ilmu manajemen, metoda dapat diartikan sebagai sesuatu tindakan tertentu yang harus dilakukan untuk tercapainya tujuan tertentu yang telah ditetapkan atau yang telah direncanakan (Soedarsono Hadisapoetro, 1970).
  3. Sedangkan Soeharno & H. Iskandar mengatakan bahwa : metoda didalam ilmu manajemen diartikan sebagai cara bagaimana melaksanakan sesuatu pekerjaan. 
  4. Betitik tolak dari pengertian – pengertian tersebut, maka tepatlah jika Soesmono (1975) menyimplkan bahwa : metoda penyuluhan adalah cara yang sudah direncanakan sebelumnya untuk melaksanakan kegiatan penyuluhan.

TEKNIK PENYULUHAN
Teknik penyuluhan adalah adalah cara-cara atau tahap tahap kegiatan dalam melaksanakan suatu metode secara terperinci sehingga metode tersebut efektif dan efisien.
Agar suatu metode menjadi efektif dan efisien maka harus memperhatikan keempat factor sebagai berikut :
  1. Pergunakan bahasa yang sederhana. Istilah – istilah teknis diterangkan dengan kalimat yang singkat dan jelas, menggunakan kata – kata sehari – hari yang mempunyai arti yang konkret. Bahasa samar dan prokem sebaiknya dihindari.
  2. Susun dan rangkaikan perbedaan pendapat dengan jelas. Gagasan harus disajikan dalam urutan logis, dengan membedakan antara isu pokok dan sampingan. Penyampaian harus jelas, dengan tema utama tetap ditonjolkan sehingga seluruh pesan dapat diulas kembali dengan mudah. Penataan dan penggunaan huruf yang cermat sangat membantu membedakan bagian – bagian penting dari pesan.
  3. Nyatakan hal – hal pokok dengan singkat. Perbedaan pendapat dibatasi pada isu utama dan diarahkan pada tujuan yang telah ditentukan, tanpa menggunakan kata – kata yang tidak perlu.
  4. Jadikan tulisan menarik untuk dibaca. Gaya penulisan harus menarik, member inspirasi, menggetarkan, bersifat pribadi dan cukup beragam untuk mempertahankan minat baca.
Perbedaan Teknik dan Metode Penyuluhan
Semoga Bermanfaat...

close
Perbedaan Teknik dan Metode Penyuluhan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: nina aysiana runny

0 komentar:

Post a Comment