CONTOH SKP

LAPORAN  KEGIATAN
SASARAN KERJA PEGAWAI TRI WULAN I TAHUN 2014
Bulan : Januari 2014 s/d Maret 2014

            Dengan ini disampaikan bahwa Sasaran Kerja Pegawai (SKP) Tahun 2014 Kementerian Kelautan dan Perikanan Pada Tri Wulan I Periode Januari 2014 s/d Maret 2014 dapat kami laporkan sbb :


BULAN : JANUARI
1.Menjaga dan merawat mesin induk ( 1 januari – 31 maret )
Menjaga ,merawat dan ,memelihara mesin induk di KM.BLUE fin 01
dilakukan dengan cara sebagai berikut :
1.      Pemeliharaan rutin dengan cara melakukan pemanasan atau menghidupkan 2 (dua) kali dalam satu minggu pada setiap kapal di darat / sandar di dermaga
2.      Perawatan umum dilakukan secara periodik dapat membantu mengurangi kerusakan selama pengoperasian
3.      Pemeliharaan MESIN INDUK setiap hari dilakukan .
- Pemeriksaan jumlah solar,
- Pemeriksaan kualitas dan kuantitas oli mesin induk,
- Pemeriksaan kualitas dan kuantitas oli gear box,
- Pemeriksaan sumber daya DC ( Accu / Power Supply ).
- Pemeriksaan filter oli dan filter BBM ,
- Pemeriksaan air pendingin air tawar .

2.Merawat, Memelihara kaskoKapal .( Tgl. 06 s/d 10 Januari 2014 )
Untuk menjaga kondisi kasko kapal, terutama bagian samping dan bawah air perlu dilakukan pemeliharaan dan perawatan.  Pemeliharaan dan perawatan kasko kapal dilakukan  secara rutin dan berkala, sehingga dimungkinkan / dapat diketahui sejak dini bagian-bagian yang  mengalami kerusakan.
Pekerjaan perawatan kami lakukan secara berkalaagar kasko kapal selalu bersih, sehingga secara fisik kelihatan bersih dan dapat digunakan sewaktu-waktu untuk menunjang keperluan kegiatan kerekayasaan di BBPPI Semarang. 

3.Merawat/memperbaiki Alat Tangkap (jaring GILL NET yang rusak. ( Tgl. 13 s/d 17 )

Untuk menjaga alat tangkap agar siap pakai dan tidak mengalami gangguan selama operasional dilaut.Dalam perawatan/perbaikan alat tangkap cantrang tersebut kamilakukan secara bertaha

-Tahap pertama, pengecekan atau perbaikan bagian tali tali ris baik   atas maupun bawa
- Tahap kedua, pengecekan atau perbaikan bagian jaring .
- Tahap ketiga, pengecekan atau perbaikan bagian gill net . 
 - Tahap keempat, pengecekan atau perbaikan tali dan pemberat.   
 - Tahap kelima, penyimpanan alat tangkap pada tempatnya ditutupi terpal  agar terhindar dari hujan dan terik matahari.

4.Merawat/memperbaiki  Kemudi.( Tgl. 20 s/d 24 )

    Kemudi kapal menjadi kunci sebuah pelayaran, karena menentukan manuver olah gerak kapal.Untuk itu memerlukan sebuah perawatan / perbaikan agar selalu dalam keadaan baik. Penggantian wire telah kami lakukan antara lain :
             - Mengganti wire kemudi panjang 7 meter sebanyak 2 buah dengan ukuran Ѳ 12mm.
             - Mengganti dudukan roll wire kemudi yang sudah aus ( rusak ).

5. Perawatan / perbaikan Tangki BBM.( Tgl. 27 s/d 30 )

  Tangki BBM merupakan komponen yang sangat penting didalam kapal, oleh karena itu perawatan atau perbaikan perlu dilakukan secara berkala.Pekerjan tersebut memerlukan tahapan tahapan antara lain :
                        - dilakukan pengurasan BBM terlebih dahulu sebelum tangki dibuka.
                        - mengeluarkan kotoran kotoran dari dalam tangki BBM
                        - Setelah pekerjaan tersebut selesai BBM di isikan kembali ke dalam tangki.

6. Pembuatan Dampra dan penggantian Tali spring depan kapal.

Sebuah kapal memerlukan suatu sarana / alat bantu sandar , dalam mempersiapkan agar kapal dalam sandar didermaga dapat terhindar dari sebuah gesekan gesekan dengan kapal lain atau dengan bangunan dermaga diperlukan dampra – dampra dan tali temali ( tros), untuk itu kami telah melakukan pembuatan dampra dan penggantian tali spring depan dengan cara sebagai berikut :
            - Dampra dipersiapkan terlebih dahulu, kemudian bagian tengah dilubangi dengan alat drip dengan bentuk kotak (tempat masukkan tali dampra ).
            - Tali spring depan yang sudah rusak kami lakukan penggantian yang baru, agar tali dapat berfungsi kembali dan menjadi kuat.

BULAN : FEBRUARI
1.perawatan accu mesin ( Tgl 3 s/d 7 )
Pada dewasa ini hampir semua kapal penangkap ikan telah diperlengkapi dengan accu sebagai sumber listrik untuk menstar mesin.
Keuntungan dari penggunaan accu  sebagai sumber listrik untuk menstar mesin pada kapal perikanan adalah : Menghasilkan sumber listrik  yang dapat digunakan untuk mensatater mesin tanpa harus mengengkol dan sumber listrik untuk alat –alat navigassi yang menggunakan arus DC.
Pemeliharaan dan perawatan accu merupakan upaya memeliharaan dan menjaga agar accu secara fisik tidak rusak, tetap bersih dan tetap berfungsi sebagaimana mestinya.Pemeliharaan dan perawatan accu  sebaiknya dilakukan secara periodik 3 (tiga) bulan sekali

2.DOCKING KM. YELLOW FIN ( Tgl. 13 s/d 15 )

Docking atau perawatan tahunan sangat lah penting, DImana docking kapal akan naik diatas dock,dan perbaikan perbaikan akan lebih mudah dan effesien.
Dampak lain dari pengaruh docking mengakibatkan kinerja kapal semakin baik, dengan demikian dibutuhkan tindak lanjut yang tepat sasarana
Docking Kapal dalah suatu peristiwa pemindahan kapal dari air/laut ke atas dock dengan bantuan fasilitas docking/pengedockan. Untuk melakukan pengedokan kapal ini, harus dilakukan persiapan yang matang dan berhati-hati mengingat spesifikasi kapal yang berbeda-beda.

Pekerjaan yang dilakukan di DOCKING
1.             Penerimaan kapal didermaga
2.             Persiapan pengedokan/dudukan kapal
3.             Pengedokan kapal (Docking)
4.             Pembersihan badan kapal
5.             Pemeriksaan kerusakan lambung/konstruksi lainnya
6.         Pelaksanaan pekerjaan (konstruksi badan, mesin, listrik dan lainnya)
7.         Pemeriksaan hasil pekerjaan
8.         Pengecatan lambung kapal
9.         Penurunan kapal dari dalam dock (Undocking)
10.          Penyelesaian pekerjaan diatas air
11.          Percobaan/Trial
12.          Penyerahan kapal kepada pemilik kapal



3.Perawatan rantai kemudi kapal dan persiapan alat alat keselamatan di kapal( Tgl. 17 sd 21 )

Dalam kegiatan tersebut ( rantai kapal ) kami telah melakukan pekerjaan perawatan rantai dengan cara mengecek pisik rantai bialamana ada yang aus segera dilakukan penggantian , kemudian rantai yang sudah kering kami lumasi dengan stempet/gemuk agar dalam operasional kemudi dapat berjalan dengan baik dan tidak berat apabila kemudi diputar.
Selain itu kami juga telah mempersiapkan alat keselamatan dan perlengkapan dikapal antara lain :
            - Pelampung Ring 4 buah
            - Jacket pelampung rompi 5 buah
            - Majun 5 kg
            - Rinso 5 kg
            - Baygon 3 botol
            - Pompa air got
            - Tali selambar jaring cantrang 10 gulung.


4.     Kebersihan ruangan atas dan bawah di kapal  ( Tgl. 17 sd 21 )
Sebuah kapal harus terbebas dari kotoran yang dapat menyebabkan treble/kesulitan manakala kapal sedang digunakan dalam kegiatan. Untuk itu kami melakukan kegiatan kebersihan diruang atas kapal ( bagian deck) dengan cara :menyapu, mengelap kaca-kaca serta dinding.
Untuk bagian bawah adalah diruangan mesin, dimana kami mengerjakan kebersihan di ruang mesin seperti menguras got dan mengambil kotoran kotoran yang ada dibawah mesin Induk serta membersihkan pisik mesin induk serta mesin bantunya
            5. Pelatihan IN HOUSE TRAINING. ( Tgl. 24 s/d 28 ).

Program pelatihan ini merupakan pelatihan yang diselenggarakan di tempat peserta pelatihan.Menggunakan peralatan kerja peserta pelatihan dengan materi yang relevan dan merupakan permasalahan yang sedang dihadapi. Dengan program ini peserta akan lebih mudah menyerap dan mengaplikasikan materi pelatihan untuk menyelesaikan dan mengatasi permasahan kerja yang sering dialami dan mampu secara langsung meningkatkan kualitas dan kinerja dari sumber daya manusia dilingkungan instansi BBPPI.
tujuan In-House Training yaitu untuk meningkatkan kualitas sumberdaya manusia yang didayagunakan sehingga pada akhirnya dapat lebih mendukung dalam upaya pencapaian sasaran yang telah ditetapkan. Selain hal tersebut di atas, sasaran pelatihan ini antara lain : menciptakan interaksi antara peserta dengan narasumber untuk saling sharing informasi dan ilmu serta mempererat rasa kekeluargaan/kebersamaan, meningkatkan motivasi baik bagi peserta maupun bagi narasumber untuk membiasakan budaya berdiskusi yang berkesinam-bungan, untuk mengeksplorasi permasalahan-permasalahan yang dihadapi di lapangan yang berkaitan dengan peningkatan efektifitas kerja, sehingga dapat diformulasikan solusi pemecahannya secara bersama-sama.
BULAN : MARET

1.             Kegiatan di kamar mesin (perawatan/ pemeliharaan)( Tgl. 03 s/d 07 )
-       Membersihkan lantai deck mesin
-       Menguras air got.
-       Merapihkan kunci2.
-       Membersihkan mesin induk dengan air sabun.
-       Mengecat pondasi mesin dengan cat many.

2.      Melakukan perbaikan pompa air laut. ( Tgl 10 s/d 17 )
Membersihkan saringan utama pompa air laut secara rutin diatas kapal, saringan utama pada instalasi air laut sangat menunjang kelancaran pengoperasian pompa. Tetapi diadakan pembersihan saringan utama pompa tersebut, maka setiap kali pula zinc anoda pada saringan itu diperiksa apakah masih dapat dipakai atau harus diganti, hal ini sangat berpengaruh terhadap biaya penyediaan. Adanya kebocoran di pembuluh isap.
Kebocoran di pembuluh isap akan menyebabkan udara masuk kedalam pembuluh isap. Ini berlawanan dengan kebocoran di pembuluh tekan.Pengaruh kebocoran dipembuluh isap ternyata lebih besar pengaruhnya dibandingkan dengan kebocoran di pembuluh tekan.Karena udara yang masuk itu mengakibatkan ruang yang tidak terisi oleh cairan pembuluh tekan, ini berarti mengurangi jumlah cairan yang masuk kedalam pompa. Udara akan ikut mengalir dengan cairan masuk kedalam rumah pompa, bila dibiarkan maka rumah pompa akan terisi oleh udara sehingga tidak terjadi kevacuman dalam rumah pompa dan akhirnya akan mengisi rumah pompa sampai ke batas permukaan poros. Kalau ini terjadi maka penghasilan pompa akan berkurang banyak sekali, kemungkinan pompa ini tidak dapat menjalankan fungsinya dengan baik.

Kebocoran pada pembuluh isap ini dapat diatasi dengan jalan yaitu tempat yang bocor tersebut ditutup atau dilas.Apabila pada waktu bekerja terjadi kebocoran sebaiknya kita sumbat dahulu pipa tersebut dengan karet atau sandal, jika tidak memungkinkan kita dapat matikan pompa dan menjalankan pompa cadangan dan kemudian pompa yang mengalami kerusakan bisa kita adakan perbaikan.

close
CONTOH SKP Rating: 4.5 Diposkan Oleh: zavira khan

1 komentar: